Rabu, 03 Juni 2009

Oleh Merry Magdalena di facebook.


Ada dua profesi yang merasa dirinya Tuhan di muka bumi ini. Dokter dan pakar hukum. Dokter merasa jumawa karena mereka dilegalkan menelanjangi pasien, mengobok-obok tubuhnya, memasukan zat apapun ke tubuh itu, bahkan menyatakan berapa lama lagi harapan usia pasien. Pihak pasien yang jelas buta ilmu kedokteran, membaca resep pun ngga becus, merk obat pun susah mengejanya, jelas percaya saja sama dokter.

Saat ke rumah sakit, kita selalu dalam kondisi tak berdaya. Fisik lemah, mental hancur, stres, memikirkan berapa biaya akan keluar, kapan akan sembuh dan bisa kerja lagi, bisa menjaga anak lagi, dan seterusnya. Kondisi itu adalah kondisi nol, bahkan minus. Boro-boro bisa mikir panjang. Mengisi formulir rumah sakit saja serasa lebih susah dari ujian psikotest!
Dan kita memercayakan jiwa raga kita pada dokter, suster, pekerja lab, dan semua yang ada di rumah sakit.

Pakar hukum hapal betul semua ayat dan pasal, celah-celahnya, pandai bicara, argumen, logika, berkelit, memvonis, dan seterusnya. Kita manusia awam jelas buta hukum dan tak tahu apakah kalau bicara A akan melanggar pasal tertentu, bisa dihukum mati atau dicambuk saja. Pakar hukum merasa jumawa sebab mampu menentukan nasib hidup manusia lain yang buta hukum. Bisa langsung dor hukum tembak, penjara seumur hidup, atau sekedar dipermalukan masuk media sebagai tersangka.

Dokter dan pakar hukum, tolong gunakan nuranimu saat berhubungan dengan sesamamu. Kami memang buta ilmu kedokterdan dan ilmu hukum. Kejumawaanmu sudah cukup digdaya tanpa perlu ditunggangi kepentingan bernama uang dan gengsi.

Doa untuk Prita Mulyasai, sesama rakyat jelata, ibu, korban kebutaan nurani dokter dan pakar hukum.

0 komentar:

Categories

Blog Archive

Arsip Blog

Sembako Hari ini

Sembako hari ini
Beras 5.500
Telur ayam ras 13.500
Minyak goreng sawit 12.000
Gula pasir 6.600
Tepung terigu 7.700
Cabe merah keriting 20.000
Cabe merah biasa 18.500
Bawang merah 16.500
SKM cap bendera 7.800
Daging sapi 55.500
Kacang tanah 12.500

 

Sumber: Poskota

Blog sahabat





Pages

About Me

Foto saya
Penulis tuk diri sendiri, Internal Audit untuk Sebuah Perusahaan, Pencinta Puisi, Cerpen, Seorang Hamba yang berusaha, Menjadi Ayah yang baik untuk Quineisha & Qhaira, menjadi Insan Taqwa

Pengikut

Sample Text

IP

Unordered List

Popular Posts

Recent Posts



Website Hit Counter
Free Hit Counters

Text Widget