Senin, 29 Juni 2009

TOURING

Persiapan turing

1. tool kit
2. spare part
• kabel gas
• kabel kopling
• busi
• sekering
• Ban
• Olie
• Handel kopling
• Bola lampu depan belakang

3. Lampu senter
4. P3K
5. Gadget
• HT + charge
• HP + charge
• Ipod + charge

6. Toiletry
• Sikat gigi+odol
• Sampo
• Sabun cair
• Parfum
• Sunblock
• Sabun cuci muka
• dll

7. Pakaian
• Baju TC
• Kaos
• Kaos kaki
• CD
• Sarung
• Handuk
• Celana pendek
• Celana panjang

8. Jas hujan
9. pelindung hujan sepatu
10. Matras
11. Peta
12. Obat-obatan
• Vitamin
• Minyak angin
• Salonpas

13. masker

kalau ada yang kurang silahkan ditambahkan ya …..
Penanganan trouble dijalan ketika Touring rombongan

Trouble dijalan ada beberapa, penyebab, antara lain :
1. Kendaraan (mogok, dll)
2. Kecelakaan
3. Fisik Rider (kelelahan, ngantuk, dll)

Hal-hal yang harus kita perhatikan sebelum pengambilan keputusan :
1. Jarak tempuh dan Waktu tempuh
Jauh atau tidak jarak tempuh touring kita, juga jarak sampai ke meeting point berikutnya, masih jauh atau sudah dekat.
2. Tingkat permasalahan
ini yang penting. Sebesar apa sih permasalahan yang ada, apakah sangat berat atau tidak,
kalau kecelakaan dan Touring kita just have fun sih sebaiknya nunggu semua aja atau bahkan dibatalkan.
kalau itu masalah mesin, kalau cepat bisa diatasi sih ditunggu saja, kalau tidak ya ditinggal dan ditunggu sampai meeting point berikutnya, dan tentunya harus ditemani dengan beberapa petugas lainnya.
3. Kondisi fisik team
hal ini penting sekali diperhatikan. Jangan sampai karena 1 orang yang punya masalah semua ikut bermasalah. Sebagai pemimpin rombongan kita harus tegas. bantu yang bermasalah dengan beberapa bro yang lain, tidak semuannya, dan yang lain biar melanjutkan sampai meeting point berikutnya, agar dapat beristirahat lebih lama untuk kebugaran.

Jadi keputusan ditunggu atau ditinggal tergantung ketiga hal tersebut diatas.
Pemimpin rombongan sekali lagi harus jeli, dan selalu fikirkan banyak orang (rombongan). Keselamatan no 1. Kecelakaan banyak terjadi, sebagian besar karena faktor kekelahan (fisik rider), jangan ambil resiko.

semoga membantu
cara anggota tidak tercecer pada saat turing, dan tidak pakai hazard, antara lain :

* Menyamakan driving skill anggota
- diusahakan merata, kalaupun terpaksa tidak rata, yang paling baik driving skillnya yang paling belakang
* Anggota rombongan dengan beban bawaan paling berat berada di depan juga. Misalnya bawa boncenger, baru yang tidak bawa apa-apa di belakang
* CR (Captaint Road) senantiasa memperhatikan irama rombongan baik itu kecepatan, maupun kondisi emosi anggota rombongan di jalan
kecepatan :
- pada saat setelah ada halangan yang menyebabkan rombongan mengurangi kecepatan, tidak langsung memacu motor lagi, tetapi tetap perlahan terlebih dahulu sampai kira2 anggota rombongan telah melawati hal2 yang menghambat tersebut
emosi :
- menjaga ritme perjalanan dengan membuat nyaman terlebih dahulu anggota rombongan. Misalnya, kecepatan awal kira2 maks 60 km/jam setelah 20 km dilalui, kecepatan ditambah 10 km/jam lagi dst, sehingga mencapai kecepatan yang yang diinginkan
* Sweeper selalu memonitor kondisi rombongan agar tetap konsentrasi
* Sweeper memastikan bahwa, dia adalah anggota rombongan yang terakhir
- sweeper sebaiknya 2 orang sehingga bisa saling mengontrol, kalaupun 1 orang maka anggota rombongan yang berada didepan sweeper yang bertanggung jawab terhadap keberadaan sweeper
* Membawa alat bantu komunikasi (HT, misalnya)

Hal diatas adalah jika kita turing dengan teknik tetap membuat formasi rombongan. Ada kalanya kita turing dengan tidak memakai formasi apa-apa, jika tiap2 anggota memiliki driving skill yang sama dan tau rute dan situasi jalan tujuan.

semoga membantu

TIPS TOURING

1. Persiapkan kondisi fisik, mental dan finansial (sesuai budget masing2) … hehehehe. Tidur cukup sehari sebelum perjalanan yah mas broo.. (^__^)

2. Persiapkan (ServiS) kondisi mesin / kendaraan kita. Sekurang-kurangnya 1 (satu) minggu harus sudah servis (dan ganti oli).

3. Jangan lupa untuk mempersiapkan spareparts cadangan yang antara lain: kabel kopling, kabel gas, bohlam lampu depan, busi standar, ban dalam (kecuali tubeless), pin penyambung rantai, dan sikring 15 Ampere (kalo bisa agak banyak dan jangan beli yang murahan) dan jas hujan (jangan yang ponco yah).

4. Biasanya tool kit standar yang diperlukan: obeng plus dan minus, tang, kunci 10, 12, 14, 17, 19, dan kunci busi). Kalo ada lebih yah ga apa2 selama tidak memberatkan.

5. HINDARI penggunaan aksesoris tambahan yang justru akan menjadi beban dalam perjalanan jarak jauh.

Contoh: Kalian tau motor Gokur? Saat Jambore nanti, Gokur tidak akan membawa Delta Box dan Cover Engine. Mohon maaf, tapi box dengan merek Core/Korea Motor sebaiknya ditinggal saja. Untuk menyimpan barang, Gokur mengunakan Tas Ransel.

6. Bawalah barang-barang/perlengkapan secukupnya sampai perjalan pulank kembali ke JKT. Barang-barang/perlengkapan yang terlalu berat akan mempersulit pengendara selama perjalanan.

7. JANGAN LUPA melakukan DOA BERSAMA klotur sebelum keberangkatan.

8. HATI-HATI dengan TRUK (yang membawa muatan) TANAH (MITOLOGI).

9. Di PANTURA, biasanya truk yang berjalan PELAN ada di sebelah KANAN. Jadi ada kebiasaan/kecenderungan untuk menyalip dari sebelah KIRI.

10. Apabila Road Captain menyalip dari sebelah KANAN, JANGAN ada yang menyalip dari sebelah KIRI (dan begitu pula sebaliknya), apabila RC menyalip dari KIRI, JANGAN ada yang menyalip dari sebelah KANAN.

11. PERCAYALAH pada rekan sesama anggota Klotur. SUSAH maupun SENANG dibagi bersama-sama. JANGAN PERNAH egois dan meninggalkan Klotur anda.

12. Bila terjadi troubleshooting atau perampokan atau kecelakaan, sesama anggota klotur yang lain harus memberitahukan seluruh anggota klotur dengan MENGKLAKSON PANJANG.

13. Apabila merasa NGANTUK, LELAH atau LAPAR segera memberitahukan rekan-rekan Klotur lain. Pemberitahuan dilakukan dengan MENGKLAKSON PANJANG.

Note: Biasanya sih, kalo ngantuk… gue akan bernyanyi sendirian.. untuk mengatasi rasa bosan selama perjalanan.. heheheh

14. Pada saat MAKAN, JANGAN mengkonsumsi TERLALU BANYAK. Agar tidak menimbulkan rasa KANTUK atau sakit perut.

15. AIR PUTIH + vitamin / supplemen, merupakan minuman yang paling efektif ketika berkendara jarak jauh. Entah kenapa kopi (kafein) kurang efektif (IMHO). Apabila ada yang memerlukan obat2an khusus, persiapkan cadangan obat khusus anda dan beritahu kepada sesama rekan klotur yang lain atas hal tersebut.

16. Isilah BENSIN secara bersama-sama dengan anggota klotur yang lain. Usahakan bensin minimal kondisi setengah tangki (50%), begitu sudah sampai di titik tersebut langsung mengisi ulang di pom bensin terdekat.

17. Komunikasi antara Klotur atau dengan Pengurus Bekasi Chapter biasanya dilakukan dengan SMS. Apabila upaya menghubungi tidak bisa atau sms belum/tidak terkirim, maka harap bersabar karena ada daerah-daerah yang signalnya belum/kurang bagus.

sumber : Tips Touring Chapter Jakarta - by Gokur
penyesuaian oleh djoko santoso
http://bekasi.thunder-125.org/

0 komentar:

Categories

Blog Archive

Arsip Blog

Sembako Hari ini

Sembako hari ini
Beras 5.500
Telur ayam ras 13.500
Minyak goreng sawit 12.000
Gula pasir 6.600
Tepung terigu 7.700
Cabe merah keriting 20.000
Cabe merah biasa 18.500
Bawang merah 16.500
SKM cap bendera 7.800
Daging sapi 55.500
Kacang tanah 12.500

 

Sumber: Poskota

Blog sahabat





Pages

About Me

Foto saya
Penulis tuk diri sendiri, Internal Audit untuk Sebuah Perusahaan, Pencinta Puisi, Cerpen, Seorang Hamba yang berusaha, Menjadi Ayah yang baik untuk Quineisha & Qhaira, menjadi Insan Taqwa

Pengikut

Sample Text

IP

Unordered List

Popular Posts

Recent Posts



Website Hit Counter
Free Hit Counters

Text Widget