Rabu, 10 Desember 2008

Buat Yang Mau Pindah Kerja

Tulisan ini di buat karena saya sedang mendapatkan tawaran kerja di sebuah perusahaan yang sering membuat saya bimbing, ketika suatu saat... Bayangin, pada suatu hari Kamu lagi baik-baik browsing Andawongan search pencari kerja, tiba2 dapet telepon dari head hunter yang nawarin Kamu kerjaan baru dengan gaji 2 kali lipat. Langsung sikat? Woohoo... sabar dulu boss, urusan pindah kerja nggak sesederhana itu. Pastikan dulu kamu udah perhitungin faktor-faktor di bawah ini:

A. Faktor-faktor "Paket"

Kali-kalian
Misalkan gaji Anda sekarang 1 juta, terus Anda ditawarin kerjaan dengan gaji 1.5 juta. Kenaikan 50%? Ntar dulu. Bisa aja kerjaan baru dengan gaji 1.5 juta itu cuma dibayarkan secara standar aja, 12 bulan per tahun plus bonus 1 bulan THR - totalnya 19.5 juta per tahun. Sementara kerjaan Anda sekarang memang cuma 1 juta per bulan, tapi di pertengahan tahun ada bonus 3 bulan gaji, di akhir tahun ada bonus 3 bulan lagi, bonus etc 2 bulan gaji, masih ditambah THR pulak 1 bulan. Totalnya? 21 juta. Jelas lebih besar dibanding 19.5 juta. Ini kali-kalian sederhana banget, tapi banyak orang yang nggak ngeh dan keburu nafsu aja waktu nerima tawaran.

Pajak
Gue sendiri nggak terlalu ngeh soal itung2an PPh 21, tapi biar aman, make sure gaji yang baru itu setelah atau sebelum dipotong pajak. Selisihnya bisa gede banget, lho.

Cash Benefit
Gaji sekarang 1 juta. Tapi masih ditambah tunjangan2 cash seperti uang transport 100 ribu per bulan, tunjangan pendidikan anak 100 ribu, tunjangan ini itu 300 ribu... total 1.5 juta per bulan. Dapet tawaran baru bergaji 1.5 juta? Ngapain.

Non-Cash Benefit.
Non-cash benefit adalah tunjangan yang tidak bisa dicairkan dalam bentuk uang, tapi bisa Anda manfaatkan dalam keadaan tertentu, biasanya dengan sistem reimbursement (penggantian). Yang paling umum diberikan dalam bentuk ini adalah tunjangan kesehatan. Ada juga beberapa kantor di mana Anda bisa reimburse pulsa HP, biaya training, bahkan pakaian. Bajunya Anda beli sendiri, trus bonnya bisa Anda ganti jadi duit di kantor. Kadang orang nggak memperhitungkan tunjangan model ini dengan pemikiran "toh palingan nggak akan kepake ini lah". Tapi sebagai orang yang pernah masuk RS seminggu dan dapet bill hampir 6 juta, i suggest you should.

B. Faktor-faktor "Personal DeveAndapment"

Jenjang karir
Mungkin kaAnda dilihat dari paket, yang dikasih oleh perusahaan Anda sekarang kalah dibandingkan perusahaan yang lagi berusaha 'membajak' eAnda. Tapi perusahaan Anda sekarang ini adalah perusahaan yang dikeAndala secara profesional, bisnisnya lagi tumbuh, dan stabil sementara di perusahaan yang 'sana' dirutnya sepupunya owner, direktur finance menantu, asisten managernya keponakan... wah, pikir2 lagi deh sebelum telanjur frustrasi akibat karir mentok dihadang silsilah!

Jenis pekerjaan
Uang nggak bisa membeli kebahagiaan (baca: kepuasan kerja). Ini pepatah jadul, tapi hasil pengamatan atas pengalaman orang-orang di sekitar gue menunjukkan kebenaran pepatah itu. Mungkin Anda akan ngira selama Anda dapet paket lebih bagus, nggak papa deh punya kerjaan basi-basi dikit, yang penting duit, Man! Tapi percaya deh; ke-BETE-an saat berhadapan dengan kerjaan baru yang berlawanan dengan minat dan kompetensi eAnda, bahkan parahnya nggak menjanjikan keahlian / pengetahuan baru, nggak akan bisa dikompensasi dengan uang. Lebih baik Anda stay di kantor lama!

C. Faktor "Biaya"

Biaya harian
Balik ke contoh di atas, dikantor sekarang Anda digaji 1 juta dan ada kantor baru menjanjikan gaji 1.5 juta. Tapi itung juga biaya harian yang ahrus Anda keluarin, apakah lebih kecil, sama, atau bahkan lebih besar? Misalkan di kantor sekarang, Anda cukup naik bis 1 kali ke kantor. Pengeluaran Anda 2400 perak per hari, atau 12 ribu per minggu, atau 48 ribu per bulan. Sedangkan di kantor baru Anda harus naik 2 bis plus 1 kali ojek satu kali jalan, sehingga butuh 10 ribu per hari, 50 ribu per minggu, dan 200 ribu per bulan. Nutup nggak dengan kenaikan 'paket' yang ditawarkan?
Biaya harian ini mencakup juga:

biaya makan; apakah di kantor baru nanti juga ada warung-warung murah seperti di kantor Anda yang sekarang, atau harus makan di foodcourt mahal tiap hari?
biaya pendukung tugas; misalnya apakah di kantor baru nanti Anda harus sering jalan ke luar kantor pake mobil pribadi tanpa ada penggantian bensin dan parkir, atau harus make HP Anda lebih sering?

Biaya 'reputasi'
Boss gue di kantor sebelumnya pernah bilang "Reputasi itu lebih berharga dari uang" dan gue sepenuhnya setuju. Misalkan Anda harus pindah ke perusahaan kompetitor, atau harus pindah dalam waktu yang baru sebentar banget (di bawah 1 tahun), atau harus pindah secara mendadak (kurang dari 1 bulan sejak pemberitahuan), itung semua itu sebagai credit minus terhadap reputasi Anda. Catatan2 itu akan terbawa sepanjang umur karir Anda, dan potensial untuk jadi bahan pertanyaan waktu wawancara interview kerjaan2 berikutnya. Jangan salah paham, bukannya gue menentang orang untuk pindah ke kompetitor atau jadi kutu Andancat, tapi make sure apa yang akan Anda dapet di tempat baru sepadan dengan credit2 minus itu. Pastikan kerjaan baru Anda nanti memang layak untuk diraih dengan 'pengorbanan' tersebut.

Kesimpulan:
Jangan mudah tergiur sama tawaran kerjaan baru. Patokannya gampang aja: pastikan keputusan Anda pindah ke kantor baru akan membawa manfaat yang lebih besar ke diri Anda, ketimbang stay di kantor lama. Tapi kaAnda setelah semua faktor Anda itung untung-ruginya dan ternyata emang bener2 untung, tunggu apa lagi, cabuuut!



0 komentar:

Categories

Blog Archive

Sembako Hari ini

Sembako hari ini
Beras 5.500
Telur ayam ras 13.500
Minyak goreng sawit 12.000
Gula pasir 6.600
Tepung terigu 7.700
Cabe merah keriting 20.000
Cabe merah biasa 18.500
Bawang merah 16.500
SKM cap bendera 7.800
Daging sapi 55.500
Kacang tanah 12.500

 

Sumber: Poskota

Blog sahabat





Pages

About Me

Foto saya
Penulis tuk diri sendiri, Internal Audit untuk Sebuah Perusahaan, Pencinta Puisi, Cerpen, Seorang Hamba yang berusaha, Menjadi Ayah yang baik untuk Quineisha & Qhaira, menjadi Insan Taqwa

Pengikut

Sample Text

IP

Unordered List

Popular Posts

Recent Posts



Website Hit Counter
Free Hit Counters

Text Widget