Selasa, 10 Oktober 2017

Pengertian e-Money yaitu alat pembayaran yang menggunakan media elektronik, yaitu jaringan komputer dan juga internet. Nilai uang dari nasabah tersimpan dalam media elektronik tertentu. E-Money sering pula disebut dengan Electronic Cash, Digital Money, Digital Cash, Electronic Currency ataupun Digital Currency. E-Money sangat aman untuk digunakan. Bahkan ilmu kriptografi menyatakan bahwa uang elektronik tersebut sangat sulit untuk diretas atau dibajak. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakannya. 

E-Money dibedakan menjadi dua buah. Berikut pengertian e-money berdasarkan jenisnya:

1. Prepaid Software
Prepaid software sering pula disebut dengan digital cash, merupakan e-money yang nilainya tersimpan dalam hard disk di dalam sebuah PC. Untuk pemindahan dananya melalui jaringan internet.

2. Prepaid Card
Prepaid card sering pula disebut sebagai elektronic purches, merupakan e-money yang nilainya disimpan dalam sebuah chip yang ditanamkan pada sebuah kartu. Contoh dari prepaid card yaitu FLAZZ BCA, Mandiri e-Money, Brizzi, dan BNI Prepaid.

Flazz BCA merupakan contoh pertama kartu prepaid dari penggunaan e-money. Bank BCA adalah bank yang paling awal memanfaatkan kecanggihan teknologi e-money dengan menerbitkan prepaid card berteknologi canggih. Anda bisa menggunakan kartu ini di berbagai merchant yang bekerjasama dengan pihak Bank BCA. Sedangkan Mandiri e-Money merupakan prepaid card yang diterbitkan Bank Mandiri, Brizzi diterbitkan oleh bank BRI, dan BNI Prepaid diterbitkan oleh Bank BNI. Selain beberapa bank di atas, ada juga lembaga non perbankan yang ikut menerbitkan prepaid card, misalnya saja Telkomsel. 

Penggunaan e-money ini tidak memerlukan adanya proses otorisasi seperti halnya pemakaian pin atau tanda tangan, karena e-money tidak berkaitan langsung dengan rekening nasabah yang ada di bank. Penggunaan dari e-money tidak membebankan pembayarannya pada rekening bank, seperti halnya kartu kredit atau kartu debit. Sebagaimana prepaid yang lain, Anda juga bisa melakukan top up untuk kartu Anda tersebut. 

Dengan memanfaatkan e-Money, Anda bisa melakukan banyak transaksi secara mudah dan praktis. Berikut beberapa manfaat dari penggunaan e-money:
  1. Memberikan kemudahan, kecepatan, dan kepraktisan dalam melakukan berbagai transaksi pembayaran. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan uang tunai untuk membayar.
  2. Anda tidak perlu menerima uang kembalian yang berwujud barang seperti halnya permen, karena dengan e-money pihak merchant hanya perlu melakukan kliring langsung melalui jaringan komputer.
  3. Sangat aplikatif, karena bisa digunakan untuk berbagai transaksi massal bernilai kecil dengan frekuensi tinggi, misalnya: biaya tol, bayar tiket transportasi, parkir, fast food, dan lain sebagainya.
Demikianlah ulasan mengenai  dan manfaatnya bagi kita. Dengan semakin banyaknya perusahaan yang menerbitkan prepaid card e-money dan juga merchant yang bekerja sama dengan perusahaan penerbit prepaid card, semakin memudahkan kita sebagai pengguna. Tingginya minat dari masyarakat terhadap jenis pembayaran yang satu ini menjadi tolok ukur semakin aware-nya masyarakat terhadap kemajuan teknologi dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Categories

Blog Archive

Sembako Hari ini

Sembako hari ini
Beras 5.500
Telur ayam ras 13.500
Minyak goreng sawit 12.000
Gula pasir 6.600
Tepung terigu 7.700
Cabe merah keriting 20.000
Cabe merah biasa 18.500
Bawang merah 16.500
SKM cap bendera 7.800
Daging sapi 55.500
Kacang tanah 12.500

 

Sumber: Poskota

Blog sahabat





Pages

About Me

Foto saya
Penulis tuk diri sendiri, Internal Audit untuk Sebuah Perusahaan, Pencinta Puisi, Cerpen, Seorang Hamba yang berusaha, Menjadi Ayah yang baik untuk Quineisha & Qhaira, menjadi Insan Taqwa

Pengikut

Sample Text

IP

Unordered List

Popular Posts

Recent Posts



Website Hit Counter
Free Hit Counters

Text Widget