Kamis, 11 Desember 2014

Merawat Kamar Mandi dan Toilet Dengan Bahan-bahan Sederhana

Memiliki kamar mandi yang bersih dan terawat pasti menjadi keinginan kita semua, Nah untuk merawatnya sebenarnya kita bisa memanfaatkan bahan yang tersedia disekitar kita, berikut bahan-bahan yang dapat kita gunakan untuk merawat kamar mandi atau toilet .

1. Ampas Kopi
Bagi kita yang seang minum kopi terutama kopi tubruk, jangan buru-buru dibuang ampasnya karena ampas kopi tubruk bermanfaat untuk menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi (WC). Caranya mudah yaitu. Siapkan secangkir air panas. Masukkan ampas kopi. Tambahkan sedikit garam lalu campur. Setelah itu, siramkan  ke lubang WC dan sekitarnya. Dalam sekejap kamar mandi (WC) di rumah Anda pun terbebas dari bau tak sedap.

2. Soda Api
Soda api yang kita kenal ternyata dapat menanggulangi mampetnya saluran air di kamar mandi kita, sebaiknya memang kita rajin membersihkan saluran pembuangan air, namun apabila sudah terlanjut mampet kita dapat menggunakan soda api untuk melancarkannya,  Caranya, taburkan soda api pada saluran pembuangan air yang tersumbat. Biarkan selama satu malam. Bilas dengan air hingga kotoran yang menyumbat saluran terkikis habis.

3. Cuka
Bagi kita yang kamar mandinya menggunakan shower (pancuran air) tidak jarang mengalami shower tersebut mampet, nah  apabila kepala shower mampat, cobalah tips berikut. Rebus kepala shower dari logam dengan larutan 1 liter air ditambah satu cangkir cuka, selama 15 menit. Untuk kepala showeryang terbuat dari plastik, rendam dalam campuran air panas dan cuka dengan perbandingan yang sama.

4. Citrun
Masukkan citrun (bahan tambahan untuk membuat es) ke dalam bak mandi porselen yang diisi penuh. Sebanyak 5 sendok makan citrun untuk 1 m3 air. Aduk citrun dan air hingga rata. Biarkan selama semalam. Keesokan harinya, kuras bak mandi. Kotoran di bak mandi akan luntur dengan sendirinya. Untuk menghilangkan kotoran di bak mandi tanpa harus menguras adalah celupkan selang air dengan panjang ±1½ kali tinggi bak ke dalam bak mandi. Caranya, setelah selang terisi penuh, tutup kedua lubang selang dengan kedua jari jempol. Angkat salah satu ujung selang ke luar bak, sedangkan ujung yang satunya tetap di dalam bak. Lepaskan kedua jempol secara bersamaan dari ujung selang. Air bak akan mengalir ke luar dan kita tinggal “menjalankan” ujung selang untuk mengisap kotoran di dasar bak mandi. Cara ini disebut juga menyifon.

5. Garam Dapur
WC mampat membuat aktivitas di kamar mandi menjadi tidak nyaman. Namun, jangan khawatir. Gunakan garam dapur untuk melancarkan WC yang mampat. Larutkan 1 kg garam dapur dalam 1 ember air. Tuangkan larutan garam tersebut ke dalam toilet/WC. Jangan gunakan toilet/WC selama kurang lebih 5 jam. Selanjutnya, siram air yang banyak dengan hentakan kuat.

6. Arang
Kamar mandi rawan sekali akan bau tidak sedap. Untuk menghilangkan bau tidak sedap ini cukup mudah. Letakkan beberapa arang yang masih baru di sudut-sudut WC. Dalam beberapa hari bau WC akan hilang. Hal ini karena arang berfungsi sebagai penyerap bau-bauan.

7. Cuka Dapur
Kerak pada kloset tidak enak dipandang. Kerak ini susah hilang bila hanya dibersihkan dengan air. Gunakan cuka dapur untuk membersihkan kloset. Caranya, siramkan dua gelas cuka dapur dan biarkan selama 1 jam. Selanjutnya, gosok kerak hingga bersih. Langkah berikutnya, bilas dengan air bersih.

8. Cengkeh
Kecoa seringkali ditemui di daerah lembap atau basah, seperti kamar mandi. Kecoa juga dapat menyebarkan bibit penyakit. Berikut ini tips mengusir kecoa.Siapkan 1/4 liter air, 10 ml alkohol 75%, dan 20 ml tanaman cengkeh yang sudah ditumbuk. Campurkan formula di atas hingga merata. Semprotkan di sekitar lantai dan dinding kamar mandi. Campuran tersebut dapat bertahan hingga satu bulan.

0 komentar:

Categories

Blog Archive

Sembako Hari ini

Sembako hari ini
Beras 5.500
Telur ayam ras 13.500
Minyak goreng sawit 12.000
Gula pasir 6.600
Tepung terigu 7.700
Cabe merah keriting 20.000
Cabe merah biasa 18.500
Bawang merah 16.500
SKM cap bendera 7.800
Daging sapi 55.500
Kacang tanah 12.500

 

Sumber: Poskota

Blog sahabat





Pages

About Me

Foto saya
Penulis tuk diri sendiri, Internal Audit untuk Sebuah Perusahaan, Pencinta Puisi, Cerpen, Seorang Hamba yang berusaha, Menjadi Ayah yang baik untuk Quineisha & Qhaira, menjadi Insan Taqwa

Pengikut

Sample Text

IP

Unordered List

Popular Posts

Recent Posts



Website Hit Counter
Free Hit Counters

Text Widget