Minggu, 10 Januari 2016

Bingun dalam mencari Head Unit Audit bekas, akhirnya saya Tanya dari mbah Google dan dapat beberapa tips
Pertama – tama sekali yang paling diperhatikan adalah kondisi luarnya dulu. Kalo kondisi sudah agak kumal apalagi banyak baret dimana – mana. Dapat diindikasikan bahwa head unit itu sudah sangat lama. Biasanya barang elektronik mangfaatnya semakin mundur seiring dengan usianya.  Pemilik yang ingin ringkas disarankan membeli headunit bekas model mobil yang sama atau masih satu pabrikan. Bila beda merek, ada kemungkinan frame, bracket, kabel, dan soket, tidak sesuai, otomatis perlu diakali.

Cermati kondisi barang, periksa nomor seri yang tercantum untuk mengetahui barang tersebut keluaran tahun berapa.  Periksa segel di belakang bodi tape, jika rusak itu pertanda sudah pernah dibongkar. Untuk itu Anda perlu waspada siapa tahu komponen di dalamnya sudah diganti. Periksa apakah ada kabel yang koyak, terkelupas atau terputus hal in akan merepotkan pada saat instalasi sebaiknya kita berhati2 ketika membeli

- Enggak salah juga kalau Anda meminta dibukakan casing agar bisa terlihat komponen beserta sirkuit kelistrikannya  Perhatikan pula jenis solderannya, untuk buatan pabrik pasti lebih halus. Lakukan pemeriksaan setiap tombol di panel depan dan tes masing-masing fungsinya. Jika ada remote tes juga dengan remotenya.

- Amati bagian belakang pada kabel-kabelnya. Untuk mengetahui apakah ada transistor yang bocor ciumlah bau dari kisi-kisi head unit. Jika tercium bau wangi sudah bisa dipastikan ada kebocoran.
Ada beberapa hal yang perlu dicermati, seperti cacat fisik, termasuk cat, tampilan layar, fungsi tombol, soket, dan kelengkapan kabel-kabel

Cek juga layar LCD nya, biasanya head unit yang lama sangat rentan dengan kondisi LCD nya, entah karena lampunya yang sudah mati, soket yang udah kendor atau IC nya yang udah rusak. Jangan dibeli jika layar terdapat goresan atau nampak ada embun didalamnya.  Lanjutnya, kalau ada layanan touchscreen sebaiknya bisa juga dicoba tingkat responsifnya. Maksudnya, ada yang hanya bisa disentuh, tapi ada juga yang harus ditekan berulang-ulang.  Dan yang paling penting yaitu pilih layar android dengan sistem TFT karena lebih mudah dioperasikan hanya menggunakan kulit dibandingkan layar Capacitive yang harus memakai ujung kuku.

Lalu periksa suaranya baik dengan radio ataupun dengan kaset. Apabila sudah mendukung dengan MP3 maupun DVD jangan segan – segan mencobanya. Apalagi sudah tersedia soket USB, wajib anda coba. Setelah itu, dengar suara yang dihasilkan head unit itu, dengan sekali – kali anda pukul dengan lembut, biasanya ada head unit pas dicoba hasilnya bagus, namun setelah dipasang ke mobil malah mati. Ini dikarenakan karena ada komponen yang longgar sehingga mudah mati apabila terkena goncangan. Kalau bisa head unit anda coba setiap chanelnya karena ada kalanya ada satu atau dua chanel yang sudah mati sehingga tidak bisa mengeluarkan suara.

 Lalu pada head unit yang sudah komplit biasanya mendukung dengan auto antena, auto kamera, amplifier control, RCA port dll. Mintalah bantuan penjual untuk memeriksa semua kabel – kabelnya. Dan yang paling terakhir dan paling jarang dilakukan adalah memeriksa daya tahan lamanya, cobalah anda mendengar suaranya selama 20 menit, karena ada head unit yang mati karena ada beberapa komponen yang sudah lemah sehingga kalau dipakai lama akan mati head unitnya.    
Head unit android sesuai dengan spesifikasi atau daya listrik mobil anda agar tidak terlalu mempengaruhi kinerja sistem lain.

CD changer
- Lihat kecepatan loadingnya jangan sampai lebih dari 10 detik. Loading yang lambat menunjukkan kondisi optic yang kadaluwarsa. Ketika mencoba silakan gunakan kepingan CD guna mengetahui kualitas optik dari head unit. Bila kualitas suara terputus-putus, sebaiknya urungkan niat membeli head unit itu.
- Periksa displaynya, fungsi2 tombolnya, mekaniknya, opticalnya, kelengkapan kabel2. Cara memeriksa optical adalah dengan memasukan CD original dari track 1 secepatnya pindah ke track terakhir lalu kembali ke track kedua. Jika opticnya masih normal maka seharusnya tidak akan ada masalah. Kalau opticnya lemah maka CD akan sangat lama membaca track tersebut.

- Lakukan pengetesan dengan cara menggoyang-goyangkan CD charger ke kiri dan ke kanan. Jika kondisinya masih bagus maka tidak akan tersendat-sendat.

0 komentar:

Categories

Blog Archive

Sembako Hari ini

Sembako hari ini
Beras 5.500
Telur ayam ras 13.500
Minyak goreng sawit 12.000
Gula pasir 6.600
Tepung terigu 7.700
Cabe merah keriting 20.000
Cabe merah biasa 18.500
Bawang merah 16.500
SKM cap bendera 7.800
Daging sapi 55.500
Kacang tanah 12.500

 

Sumber: Poskota

Blog sahabat


Pages

About Me

Foto saya
Penulis tuk diri sendiri, Internal Audit untuk Sebuah Perusahaan, Pencinta Puisi, Cerpen, Seorang Hamba yang berusaha, Menjadi Ayah yang baik untuk Quineisha & Qhaira, menjadi Insan Taqwa

Pengikut

Sample Text

IP

Unordered List

Popular Posts

Recent Posts



Website Hit Counter
Free Hit Counters

Text Widget