Atasi Lampu Chek Engine Avanza Menyala
Ada yang pernah ngalamin…?
Lampu chek engine* pada mobil Avanza atau Xenia menyala terus menerus ketika mesin hidup… ( normalnya.. lampu chek engine menyala ketika kontak on, dan mati ketika mesin hidup )
Coba buku panduan isinya kayak gini
*Lampu chek engine atau biasa disebut MIL ( Malfunction Indikator Lamp ) yang dalam bahasa Indonesia bisa di artikan sebagai lampu kegagalan system.
Indikator ini sebagai penanda bahwa ada yang tidak normal dalam system kelistrikan khususnya system injeksi jika menyala.
Nah… buat pengetahuan saja… kita tak perlu panik ya jika lampu ini menyala..
Menyalanya seperti apa..
Jika menyala terus menerus.. bisa di artikan bahwa terjadi eror pada program… hanya eror saja dalam pembacaan.. bukan berarti rusak.
Jika menyala berkedip-kedip… kita harus lebih waspada… karna jika berkedip.. menandakan ada yang tidak bekerja pada system injeksi.. entah itu sensor atau komponen lainnya seperti soket kendor, wiring kurang baik, kabel putus dsb.
Jika menyala berkedip sebaiknya hubungi bengkel resmi untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan…
Nah pada artikel ini… saya akan mengulas cara simple mengatasi lampu chek engine yang menyala terus ( tidak berkedip ) yang menandakan system injeksi ( EFI ) eror.
Penyebab dari masalah ini.. saya juga kurang paham.. karna saya sendiri sudah mengalami 3x…
Efek ketika lampu chek engine ini menyala terus antara lain… tidak berfungsinya indikator ECO… gas terasa agak mbrebet dan kadang susah di ajak ngebut.
Dan bodohnya… ketika pertama kali mengalami kasus seperti ini… saya langsung panik.. dan langsung menuju bengkel terdekat…
Negosiasi dengan kepala bengkel akhirnya deal dengan mahar 250ribu masalah dijamin kelar.
Dalam 5 menit masalah beres… Entah apa yang dilakukan mekanik yang waktu itu terlihat rempong sekali menenteng alat diagnosa dan kabel jumper…
Selang seminggu… masalah kembali muncul..
Masih tanda tanya besar apa yang menyebabkan lampu chek engine tiba-tiba menyala terus.
Ngenes gaes… jika membayangkan uang 250ribu melayang begitu saja.
Iseng buka gogle ternyata masih jarang yang membahas masalah ginian.
yang harus dilakuin buka kap mesin dan cabut kutub negatif dan kabel sekring
cari sekring bertuliskan EFI biasanya 15 Ampere
copot kutuf negatif aki dan sekring efi
Setelah dipraktekkan… sekring EFI dilepas dan diamkan sementara lalu dipasang lagi..
Lampu chek engine normal kembali… gampang kan
0 komentar:
Posting Komentar