Senin, 06 November 2017

Perbedaan antara Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Olx, Kaskus, Yukbisnis ?


Perbedaan antara Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Olx, Kaskus, Yukbisnis ?  Judul yang menurut Kami sudah banyak yang mengerti perbedaan dari situs-stus ecommerce tersebut. Tetapi tidak ada salahnya apabila dibahas secara dalam perbedaan antara situs-situs tersebut. Tulisan ini merupakan ringkasan dari blog juraganforum.com milik Jaya Setiabudi , seorang pengusaha sekaligus  penulis yang telah banyak menelurkan banyak pengusaha muda lewat bimbingan beliau. 
Kembali ke topik, Sebelum kita mengetahui perbedaan situs-situs diatas marilah kita mengetahui macam-maca, dari e-commerce itu sendiri. Menurut Mas Jay sapaan dari Jaya Setiabudi. Ecommerce terbagi menjadi beberapa antaralain :
  • C2C ( Customer to customer)
  • B2B ( Bussiness to  Bussiness)
  • B2C (Bussiness to Customer )
  • B2B2C ( Bussiness to  Bussiness to Customer)
C2C ( Customer to customer)
Menurut Mas Jay, Konsep C2C dimana penjual adalah perorangan atau individu yang sesekali menjual barang atau barang pribadi/bekas kepada pembeli via marketplace. Pihak pembeli yang tertarik dapat kontak atau transaksi langsung ke penjual. 
Contoh : Kaskus, Jualo, OLX, dll
B2B ( Bussiness to  Bussiness)
Konsep dimana perusahaan, yang biasanya sebagai produsen atau distributor menawarkan produk mereka ke perusahaan lain via marketplace. Perusahaan yang tertarik dapat langsung kontak dan transaksi dengan perusahaan penjual .
Contoh : Alibaba, Indonetwork, dll
B2C (Bussiness to Customer )
Perusahaan yang menjual produk-produknya langsung ke pembeli. Meskipun merek atau produk pihak lain yang dijual tetapi untuk aktivitas upload produk sampai delivery atau pengiriman dilakukan oleh pihak / pemilik toko online.
Contoh : MatahariMall, Bhinneka, Zalora, dll
B2B2C ( Bussiness to  Bussiness to Customer)
Hampir mirip dengan konsep B2C, tetapi perbedaanya adalah perusahaan/perorangan sebagai  pemasok ikut ambil bagian dalam proses upload produk di website. Saat terjadi transaksi. Pembayaran akan melalui pihak marketplace, baru kemudian setelahnya akan diberikan ke pihak pemasok. 
Contoh : Tokopedia, Bukalapak, Blanja.
Dari kesemuanya yang telah disebutkan diatas ternyata ada situs ecommerce yang memiliki keunikan yaitu YukBisnis merupakan sebuah platform yang memberikan fasilitas perusahaan untuk membuat website B2C dengan domain mereka sendiri. Ditambah lagi, Yukbisnis.com juga menyediakan marketplace para penjual yang telah menggunakan platformnya

0 komentar:

Categories

Blog Archive

Sembako Hari ini

Sembako hari ini
Beras 5.500
Telur ayam ras 13.500
Minyak goreng sawit 12.000
Gula pasir 6.600
Tepung terigu 7.700
Cabe merah keriting 20.000
Cabe merah biasa 18.500
Bawang merah 16.500
SKM cap bendera 7.800
Daging sapi 55.500
Kacang tanah 12.500

 

Sumber: Poskota

Blog sahabat





Pages

About Me

Foto saya
Penulis tuk diri sendiri, Internal Audit untuk Sebuah Perusahaan, Pencinta Puisi, Cerpen, Seorang Hamba yang berusaha, Menjadi Ayah yang baik untuk Quineisha & Qhaira, menjadi Insan Taqwa

Pengikut

Sample Text

IP

Unordered List

Popular Posts

Recent Posts



Website Hit Counter
Free Hit Counters

Text Widget